MARHUSIP DAY

Kalau dalam adat batak ada beberapa rangkaian acara yang harus dilaksanakan yaitu:

πŸ’Ÿ Marhori-hori dinding
πŸ’Ÿ Marhusip
πŸ’Ÿ Martumpol – Martonggo Raja
πŸ’Ÿ Pemberkatan – Adat

Tanggal 4 Februari 2012 adalah hari dilaksanakannya acara marhusip aku dan Evan. Kalo yang aku denger-denger dari kebanyakan orang batak sih arti marhusip sama dengan menggosip. Apa sih intinya menggosip itu? Menggosip kan attitude yang tidak baik. Lalu aku mendengar penjelasan dari amang Pdt.Sukamto Limbong di kebaktian sebelum acara marhusip dimulai.

Orang BATAK itu punya kebiasaan, kalau ngomong seperti berteriak. Ya..memang… itu pun aku tahu banget, karna di rumah papaku ya seperti itu…ngomong biasa seperti orang yang lagi marah. Kayaknya semua penduduk yang ada di rumah budek. ;p Lalu Amang Pendeta menjelaskan, kalau orang berteriak dan marah itu artinya fisik antara satu sama lain DEKAT tapi hati masing-masing sangat JAUH, makanya sampai berteriak walaupun sedang berada di dalam ruangan yang tidak terlalu besar. Tetapi kalau MARHUSIP maksudnya berbisik (lawan kata dari berteriak), jadi di dalam satu ruangan kita berbisik artinya fisik satu sama lain DEKAT dan hati masing- masing pun DEKAT juga. Sehingga dalam membicarakan sesuatu menjadi damai dan sejahtera.

Uniknya orang batak adalah sampai menikahkan anak saja sebegitu ribetnya. Tapi Semua itu ada alasannya, dan semua tujuannya baik. Supaya mikir-mikir lagi untuk bikin pesta yang kedua kali, jadi memang jarang sekali sih orang batak yang kawin cerai. Aku juga jadi sedikit terbuka pikirannya dengan segala keribetan ini. hehe.. Mengapa harus ada ini dan itu.. Dan memang semuanya berkaitan dengan firman Tuhan, walaupun ga bisa aku jelaskan mendetail.

Baru aku tau MARTUMPOL itu fungsinya adalah pengikatan janji antara dua manusia, laki-laki dan perempuan. Aku berjanji kepada Evan dan begitupula sebaliknya. Pada saat pemberkatan, bukan janji antara aku dan Evan lagi yang diangkat di atas altar, tetapi janji antara dua orang manusia dengan Tuhan dan tidak ada yang bisa menceraikan janji itu, sebab itulah kehendak-Nya. Sebegitu indah dan suci pada saat pemberkatan nanti. Semoga semuanya lancar dan Tuhan selalu memberkati setiap rencana yang sudah dipersiapkan dan biarlah itu sesuai dengan kehendak-Nya.. Amin

Β 

Β 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s